8 Makanan Yang Dapat Mendatangkan Jerawat


Infoku.net-. Beberapa orang mengaku mengalami masalah jerawat yang semakin parah setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Terbukti dari beberapa penelitian di ketahui kandungan zat tertentu dalam makanan dapat menjadikannya sebagai makanan penyebab jerawat.Apa yang kita makan berkonstribusi langsung terhadap kondisi kesehatan tubuh.Sehingga dengan memperbaiki kualitas makanan kita maka kondisi tubuh juga akan terjaga dengan baik.

Begitu pula dengan halnya jerawat.Kita bisa terhindar dari masalah kulit yang satu ini jika kita bisa melokalisir jenis-jenis makanan apa saja yang dapat merangsang timbulnya jerawat di wajah.Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab jerawat.


1. Gula

Gula adalah salah satu jenis  makanan penyebab jerawat yang paling utama dan paling sering di abaikan orang.Bukan hanya menyebabkan jerawat,makanan dengan gula tambahan bahkan dapat memperparah dan menyebabkan jerawat menjadi Infeksi.

Makanan yang mengandung gula akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan sebagai akibatnya hormon dan protein dalam tubuh akan berubah sehingga timbul jerawat.

Hindari mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti kentang,nasi dan roti.Kurangi mengkonsumsi karbohidrat sampai batas 40% dari keseluruhan asupan harian anda,hindari juga makanan yang mengandung pemanis buatan seperti coklat.Sebagai gantinya konsumsilah makanan seperti buah dan sayuran yang meskipun terasa manis tapi tidak menyebabkan lonjakan insulin dalam darah.


2. Susu 

Beberapa pakar kecantikan menyebut susu turut bertanggung jawab terhadap munculnya jerawat di wajah dan di beberapa anggota tubuh lainnya.Meskipun susu termasuk jenis makanan dengan kadar glikemik yang rendah,tetapi kandungan susu terdiri dari banyak zat yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Mengkonsumsi susu dalam waktu yang lama menyebabkan hormon dalam susu bersama dengan kalsium yang tinggi menimbulkan jerawat.Susu menyebabkan kelenjar minyak akan menghasilkan sebelum lebih banyak.


3. Kafein

Semua jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi,teh dan minuman suplemen dapat menimbulkan jerawat.Penyebabnya karena asupan kafein akan meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh dan sebagai akibatknya tubuh menjadi lebih stres.

Terlalu sering mengkonsumsi kafein akan menyebabkan tubuh rentan stres dan menyebabkan kulit mudah berjerawat.Pada umumnya semua minuman berkafein juga mengandung kadar gula yang tinggi.Gula buatan berkontribusi langsung terhadap meningkatnya insulin dalam darah yang dapat menimbulkan jerawat.


4. Makanan Olahan

Makanan Olahan adalah jenis makanan yang telah melalui beberapa proses sebelum akhirnya akan di santap.Pengolahan termasuk dengan memasak,menggoreng,membakar,yang menyebabkan kandungan enzim dan mineral makanan menurun drastis.

Dalam proses pengolahan,tambahan mineral kadang membuat kualitas makanan menjadi tidak sehat lagi seperti dengan menggoreng akan membuat makanan mengandung kolestrol tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.Makanan yang telah melalui proses pengolahan seperti ini akan menjadi penyebab jerawat tumbuh di wajah.


5. Makanan Instan Dan Cepat Saji



Makanan instan,makanan cepat saji dan makanan yang sudah di awetkan tidak baik bagi kesehatan.Kandungan dalam jenis makanan tersebut hanya baik di tenggorokan dan enak saat di cicipi tapi ketika telah memasuki lambung maka tubuh akan kesulitan mencernanya.Dan sebagai akibatnya muncullah lemak jahat.

Lemak jahat akan menganggu metabolisme tubuh.Dalam jangka pendek wajah mudah berjerawat,bau tubuh tidak enak dan mudah gemuk.Dalam jangka panjang,pola makan seperti ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti diabetes dan difungsi ereksi.


6. Alkohol

Alkohol adalah zat yang sangat sulit di netralkan oleh tubuh.Darah yang mengandung banyak alkohol akan membuat kulit menjadi kering dan mengalami dehidrasi.Jerawat sangat mudah tumbuh dan mengalami infeksi dalam suasana tubuh yang seperti itu.Hindari alkohol jika anda ingin bebas dari jerawat.


7. Gorengan

Semua jenis gorengan adalah makanan penyebab jerawat yang harus di hindari.Makanan yang di goreng seperti ikan,kerupuk,tempe,ayam dan lain2 tentu saja terasa nikmat.Sayangnya gorengan termasuk jenis makanan yang dapat menganggu kesehatan terutama jika di konsumsi berlebih dan dalam waktu yang lama.

Gorengan mengandung lemak trans yang menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah,jantung dan stroke.Lemak yang di hasilkan oleh makanan gorengan akan menyumbat pori2 di kulit yang menyulitkan sebelum keluar sehingga terjadilah infeksi atau wajah berjerawat.


8. Minuman Bersoda



Soda sangat menciptakan inflamasi tubuh anda,karena bahan minuman segar ini mengandung aspartame yang dapat meningkatkan jerawat.Soda bisa menurunkan tingkat pH,sehingga dapat menyebabkan jerawat.

0 Response to "8 Makanan Yang Dapat Mendatangkan Jerawat"

Posting Komentar